Kamis, 01 Desember 2011

Pagi dan Malam Perut Sering Mual

Dok, kenapa ya saya sering merasa mual di perut. Apalagi kalau malam, saya sering mual dan kalau bangun tidur saya juga merasa mual. Apakah ini karena saya merokok terlalu banyak? Atau saya punya penyakit yang menyebabkan saya sering merasakan mual di perut? Terimakasih dok.

Anto Martanius (Pria Lajang, 26 Tahun), vokalissejati@yahoo.co.id
Tinggi Badan 166 Cm dan Berat Badan 58 kg

Jawaban

Tentu terlalu banyak merokok ada pengaruhnya. Coba perhatikan setelah makan apakah timbul gejala ini. Kemungkinan gejala ini timbul karena terlalu banyak asam lambung (sakit maag/gastritis) atau gangguan di kantung empedu seperti batu kantung empedu.

Saya anjurkan Saudara menjalani pemeriksaan ultrasonografi perut atau abdomen untuk menyingkirkan adanya batu kantung empedu. Dan bila ini negatif mengobati seperti sakit maag dan menghentikan merokok dan bila ada faktor makanan, maka dapat menghindari makanan pencetusnya.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD