Minggu, 18 Desember 2011

Ingin Punya Badan Ideal Tapi Sedang Menyusui

Bagaimana ya caranya agar bisa mendapatkan berat badan ideal meskipun sambil menyusui dan tanpa mengurangi produksi ASI? Saya ingin kembali memiliki badan ideal yang sehat.

Erna O (Perempuan Menikah, 23 Tahun), ernXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 63 Kg

Jawaban

Pertama-tama selamat atas kelahiran buah hati Anda!

Jika Anda menyusui, simpanan lemak yang ada di tubuh Anda akan diubah menjadi ASI sehingga menyusui dapat membantu 'melangsingkan badan'. Akan tetapi tidak ada hal yang instan di dunia yang baik, proses pelangsingan alami membutuhkan waktu 10 bulan hingga 1 tahun jika ditambah olahraga ringan.

Adalah penting bagi Anda untuk memastikan asupan gizi yang cukup selagi menyusui sembari memulai proses penurunan berat badan.

Beberapa tips dari saya:
1. Rebus, kukus atau bakar daging/ayam/ikan untuk mengurangi asupan minyak

2. Gunakan produk susu rendah lemak.
Saya tahu bahwa di Indonesia ada produk-produk susu yang ditujukan untuk ibu hamil dan menyusui. Produk-produk susu seperti itu tidak ada di Australia karena tidak perlu juga mengandung kalori yang banyak (tidak perlu jika sudah cukup makan).

Untuk ibu sebaiknya mengkonsumsi susu low-fat/skim, untuk bayi dapat menggunakan susu putih full krim sampai usia 2 tahun saja, selebihnya menggunakan low-fat untuk mencegah kegemukan.

3. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan

4. Pilih makanan yang tidak mengandung banyak lemak dan atau gula

5. Berolahraga secara teratur (dapat dilakukan saat menjemur bayi/mengajak anak bermain)

Makanan atau lebih tepatnya minuman yang perlu dihindari adalah minuman yang mengandung kafein (teh kental, kopi dan minuman berkola) karena dapat mempengaruhi ASI.

Diet instan dan ketat dapat melepaskan racun-racun yang tersimpan dalam tubuh Anda (pestisida/PCB) secara drastic yang juga berakibat meningkatnya kadar racun tersebut dalam ASI.

Saran saya Erna yang sabar ya, yang penting adalah gizi si kecil tercukupi (ASI ekslusif 6 bulan pertama) lalu setelah mulai makan selain ASI baru mulai pikirkan diet.

Leona Victoria Djajadi MND