Jumat, 29 Januari 2010

Labium Minora Ada Putih-putih


Dok, saya mau tanya. Saya berumur 21 tahun, wanita, belum menikah.

Di sekitar labium minora saya ada putih-putih. saya kaget bukan main, saya kira kena penyakit. Putih-putih ini bisa dihapus dengan tangan atau tisu basah, tapi daerah yang kena putih ini sampai ke dalam lubang vagina (kalo nggak salah).
Saya sudah buang yang di luar labium minora, tapi yang dalam saya nggak berani takut kena selaput dara.

O ya dok, saya merasa gatal di daerah sana sebelumnya. Setelah ‘putih-putih’ itu dibuang, gatalnya berkurang. Kenapa bisa gatal ya ?
(Wanita, 21th, Indonesia)

Putih-putih yang anda temukan pada vagina anda biasanya sejenis jamur atau keputihan yang banyak sehingga membentuk penggumpalan. Keputihan ini dengan mudah bisa diatasi.

Sebaiknya anda pergi ke dokter agar dapat diobati. Untuk mencegahnya, jaga kebersihan dalam, banyak makan susu asam (Yoghurt) bila lambung anda kuat dan jangan menggunakan penutup atau pakaian dalam atau celana yang ketat & panas.