Minggu, 12 Oktober 2008

Kentut Petaka

Kentut, siapa sih yang ga tau kentut? Ditembak lantai yang kena idung, itulah kentut. Kebetulan LTM gastro, gw ngebahas sedikit tentang flatus: gas yang berada di dalam traktus gastrointestinal (saluran pencernaan). Yang ga pengen tau bisa langsung lanjut ke paragraf 5.

Jadi, gas itu sebenernya bisa masuk ke dalam traktus gastrointestinal dari tiga sumber yang berbeda: (1) udara yang ditelan, (2) gas yang terbentuk sebagai hasil kerja bakteri, dan (3) gas yang berdifusi dari darah ke dalam traktus gastrointestinal.

Kebanyakan gas dalam lambung itu adalah nitrogen dan oksigen yang berasal dari udara yang ditelan, dan pada orang normal (yang ga normal minggiiir), kebanyakan udara ini dikeluarkan lewat sendawa. Cuma sebagian kecil gas yang ada dalam usus halus, dan banyak dari udara ini berjalan dari lambung masuk ke dalam traktus intestinalis. Buat tambahan, karbon dioksida dalam jumlah cukup juga sering timbul karena reaksi antara cairan lambung yang asam dan bikarbonat dalam cairan pankreas kadang-kadang terlalu cepat untuk membebaskan karbon dioksida yang diabsorbsi.

Lanjuuut.... Dalam usus besar, bagian terbesar dari gas berasal dari kerja bakteri, termasuk khususnya karbon dioksida, metana, dan hidrogen. Gas-gas tersebut terjadi bersamaan dengan jumlah yang bervariasi dari oksigen dan nitrogen dari udara yang ditelan. Nah, gas hasil fermentasi bakteri ini yang biasanya baunya itu memambukkan dan bikin ketagihan. Tapi menurut pengalaman gw, (gw cari di buku kedokteran blom nemu-nemu), ada ciri-ciri kentut lagi bau apa ngga. Salah satunya, kalo abis kentut trus ada sensasi hangat di pantat lo, biasanya itu kentut yang bau. Masalah bunyi atau ngga, gw masih menganggap itu kurang valid, soalnya bunyi atau ngga itu bisa lo atur sendiri dengan memanfaat musculus sphincter ani externus yang kalo ga salah itu emang bisa diatur sesuai keinginan lo (CMIIW, bnerin kalo salah). Nah, apalagi abis kentut, trus lo merasakan sensasi hangat ditambah massa hangat yang tiba-tiba keluar dan nemplok di kolor, itu baunya bisa nempel di kursi yang lagi lo tongkrongin. Atau biasa dikenal dengan istilah “cepirit”

Gw punya cerita oke banget nih tentang kentut. Waktu itu kamar depan (yang sekarang jadi kamar gw) adalah ruangan yg isinya sofa, meja komputer, dan pernak-perniknya. Ruangannya ga gede, jadi kalo kentut di situ maknyus banget deh. Pernah suatu saat perut gw emang lagi ga enak banget. Baunya juga lagi suegeeer beneeerrr. Tapi berhubung kentut sendiri, jadi ya no problem lah. Abis kentut, sedot dengan idung sendiri. Mantap! Kejadiannya selalu berulang, sambil internetan, gw kentut, trus sedooot.

Nah setelah beberapa siklus, kali ini kentutnya volumenya lebih banyak dari sebelumnya, baunya juga lagi hot-hotnya! Sueeeeer! Sampe gw sendiri aja kebauan!

-beberapa detik kemudian-

“Jegrek!” suara pintu kamar dibuka

Utok (dalem hati): “Buset, ini orang kaga tau apa lagi ada percobaan bunuh diri di ruangan tertutup”


-Ternyata eh ternyataaaaa, itu Oom gw yang masuk kamar! Oooohh NO!-


Utok: “Eh, Oom.. Kapan dateng Om?” sumpah, gw basa-basi abis!

Om: “hmm.., barusan” mungkin lagi nahan napas, jawabnya jadi seadanya..Sumpe dah! Gw kaga berani ngeliat mukanya!! Bukan ga berani, lebih tepatnya GA TEGA!


-gw lanjuin ngetik dan beberapa lama kemudian (dalam hitungan detik) dia keluar ruangan- *udah kaga sanggup gw rasa. Itu lagi puncak baunya!

.....................

Mana gw lagi sendirian di ruangan itu, jadi ga ada yang bisa gw jadiin tumbal. Masa gw bilang gini:

“Oom, printernya lagi agak bau nih tintanya”

“Akhir-akhir ini cuaca udaranya suka bau kentut yah om?”

“Oom, sumpah oom! Yang kentut dia!” (sambil nunjuk gambar jerapah di laptop)

Intinya, maap yah oom, bneran ga maksud kok!