Rabu, 20 Februari 2013

Catatan Dokter Internsip: Wahana Internsip


Rumah Sakit dan Puskesmas yang digunakan oleh dokter internsip disebut “Wahana Internsip”. Ketika disebut kata “wahana”, yang terpikir pertama kali oleh gue adalah Dufan! Setelah gue cek KBBI online, arti kata wahana adalah sebagai berikut:

1 wa.ha.na 1 a kendaraan; alat pengangkut ; 2 a alat atau sarana untuk mencapai suatu tujuan
2 wa.ha.na 1 a tafsir mimpi; alamat

Hmmm.. no comment.. oke, lanjut aja.

Berhubung gue ditugasnya 4 bulan pertama di RSUD Sumbawa, gue akan ceritain garis besar bentuk dan gambaran ‘wahana internsip’ gue.

RSUD ini termasuk cukup lengkap. Fasilitasnya mulai dari poliklinik (bedah, kebidanan, mata, anak, penyakit dalam, psikologi, dan THT), Kamar Operasi, Ruang Rawat Inap, ICU, Radiologi, Laboratorium, Fisioterapi, Pemulsaran Jenazah, dan IGD.

Sistem kerja dokter internsip di sini cukup menyenangkan dan sangat bermanfaat dari segi keilmuan. Kami bertugas di 4 bagian besar (bedah, obgyn, penyakit dalam, dan anak) selama masing-masing 4 minggu. Tiap bagian kita akan ditempatkan di poliklinik dan ruangan, masing-masing selama 2 minggu.

Kerja poli mulai pukul 08.00-13.00, sedangkan kerja ruangan mengikuti dokter spesialis. Pada rotasi bedah dan kandungan kami berkesempatan untuk ikut terlibat dalam kamar operasi dan mengikuti seluruh kegiatan operasi. Khusus untuk poli kadungan, kami juga diajari mengoperasikan dan memeriksa pasien kandungan menggunakan USG.

Berikut foto-foto penampakan RSUD Sumbawa:





Jalan Raya (view dari depan RSUD).

View dari RSUD menghadap Kantor Bupati.

Tampak depan.

Tampak halaman depan.

Lorong, ada penampakan The Legendary Ibu Yok perawat anak lagi bawa status pasien.

Ruang Komite Medik, tempat istirahat dan berkumpul para dokter.

Iqra lagi periksa pasien pake USG.

Mejeng di IGD sama dokter senior.

Moda transportasi dokter internsip, Ojek!