Minggu, 17 Februari 2013

Catatan Dokter Internsip: Hari Pemberangkatan


Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Yaitu hari pemberangkatan rombongan internsip wilayah NTB. Namun untuk NTB pemberangkatan dipisah menjadi dua kelompok, karena secara geografis memang lebih efisien. Rombongan pertama yang berangkat pagi hari adalah wilayah Bima dan Dompu, kemudian disusul dengan rombongan Lombok Utara dan Sumbawa.

Untuk wilayah Bima-Dompu, mereka mendapat pengarahan di Bima. Sedangkan untuk Lombok-Sumbawa di Mataram.

Bergaya dulu di atas Kapal Ferry dari Lombok menuju Sumbawa
(Iqra - Endrika - Sandry - Yuki - Gue)

Setelah pengarahan di Hotel Grand Legi Mataram, rombongan Sumbawa langsung berangkat menuju Kota Sumbawa dengan menggunakan travel Sumbawa Utama. Dengan menggunakan 2 minibus, perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam (4 jam jalan darat + 2jam kapal feri). Kita tiba sekitar jam 10 malam, di rumah kos pertama kami yang berada di Gang Mamak.

Setelah  disambut dengan pembimbing (dr. Kosala dan dr. Cindri), kami diberikan nasi kotak. Rumah kos pertama kami termasuk ekonomis, karena dengan fasilitas yang didapat (AC, kamar mandi dalam) dikenakan biaya Rp. 700rb/bulan. Satu kamar diisi dengan dua tempat tidur, berarti kami hanya membayar 350rb/bulan/orang. Tapi lokasi kos ini cukup jauh dari RS maupun Puskesmas. Selain itu, kami juga mendengar kabar dari supir travel kami bahwa daerah pemukiman tersebut adalah daerah pemukiman Bali. Daerah pemukiman Bali dikenal dengan banyak anjing yang berkeliaran dan beberapa tempat penjualan minuman keras.

Setelah 2 malam kami tinggal di sana, akhirnya kita memutuskan untuk pindah ke rumah kos yang baru. Jaraknya hanya sekitar 7 menit jalan kaki ke Rumah Sakit dan sekitar 20 menit jalan kaki ke Puskesmas. Lingkungannya asri dan masjid hanya berjarak sekitar 3 rumah. Tapi biayanya 3 kali lipat. Hehehe..

Penampakan Tempat Kos yang Baru :)