Selasa, 20 November 2012

Ketombe atau Jamur di Kulit Kepala?

Dokter, sudah beberapa minggu saya merasa gatal di kulit kepala. Saya pikir ketombe karena ada kulit kering yang mengelupas, lalu saya ganti shampoo anti ketombe tapi tetap saja tidak sembuh. Apakah gatal tersebut dikarenakan jamur (tinea)? Apa obatnya? Terimakasih.

Fahmi (Lelaki Lajang, 27 Tahun), ethos_cloth@yahoo.com
Tinggi Badan 163 cm dan Berat Badan 50 kg


Jawaban

Salam Fahmi,
Gatal dan bersisik di kulit kepala pada orang dewasa umumnya disebabkan kondisi yang disebut sebagai dermatitis seboroik. Kondisi ini mirip dengan ketombe namun biasanya lebih terlokalisir pada area-area tertentu.

Gejala yang mengganggu yang menyertai umumnya adalah rasa gatal. Kondisi ini menyerupai kondisi dermatitis atau radang kulit lainnya yaitu timbul saat kondisi fisik sedang tidak baik. Walaupun mengganggu, penyakit ini tidaklah menular.

Jamur memang ikut berperan pada kondisi ini, walaupun bukan sebagai penyebab utama. Jamur yang terlibat adalah jamur Malassezia, yang merupakan jamur yang berperan juga pada ketombe. Hal ini oleh karena jamur tersebut memang secara normal ada di kulit kepala.

Apabila Anda sudah menggunakan berbagai shampoo anti ketombe namun tidak berhasil, boleh dicoba shampoo antiketombe yang khusus anti jamur misalnya yang mengandung zat ketoconazol. Anda bisa tanyakan shampoo ini di toko kesehatan ataupun apotek.

Jamur lain yang Anda sebut sebagai tinea memang bisa mengenai kulit kepala, namun umumnya menyerang anak anak bukan dewasa. Jika anda sudah mencoba berbagai produk namun tidak ada perbaikan maka sebaiknya kontrol ke dokter karena ada beberapa penyakit lain yang gejalanya menyerupai ketombe.

dr Eddy Karta SpKK