Jumat, 02 November 2012

Detak Jantung Tidak Teratur, Bagaimana Supaya Tidak Kambuh?

Beberapa waktu yang lalu, saya didiagnosa kena aritmia. Dan saya disuruh minum obat (propranolol dan captopril) selama 1 bulan. Setelah satu bulan jantung saya normal, cuma beberapa waktu ini detak jantung saya kambuh tidak beraturan, cepat lelah, nafas juga pendek.

Saya sudah treadmill jalan santai setiap hari Minggu. Sebagai informasi saya kerja dari Senin-Jumat. Apa yang mesti saya lakukan untuk menghindari detak yang tidak beraturan? Dan bagaimana penanganannya serta treatment apa yang harus saya lakukan? Terimakasih.

Dian (Wanita Lajang, 31 Tahun), dianXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 158 Cm, Berat Badan 57 Kg

Jawaban:

Ada dua jenis aritmia, yakni aritmia ventrikel dan aritmia atrial. Setiap jenis aritmia ini tentu beda cara penanganan dan cara pengobatannya.

Aritmia sendiri merupakan gangguan pada irama jantung. Gangguan itu bisa beripa detak jantung terlalu cepat atau takikardia, terlalu lambat atau bradikardia maupun tidak teratur sama sekali.

Penyebabnya adalah impuls atau aliran listrik yang tidak normal sehingga mempengaruhi kerja jantung. Dinamakan aritmia atral jika ketidaknormalan impuls listrik itu berasal dari atrium atau serambi jantung sedangkan jika berasal dari ventrikel atau bilik maka disebut aritmia ventrikal.

Kami saat ini tentu tidak tahu jenis aritmia yang mana yang didiagnosa oleh dokter Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda konsultasikan langsung dengan dokternya jenis aritmia yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jika ibu ada ada waktu atau ada pertanyaan silahkan konsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan catatan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Untuk olahraga, sebaiknya ibu berolahraga ringan minimal 2 kali seminggu. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi