Rabu, 28 November 2012

Bagaimana Menghilangkan Kista Agar Cepat Hamil?

Dok, saya menikah Juli 2009 namun sampai sekarang belum hamil, waktu periksa ke dokter ada kista di sebelah kiri 3 cm dan kanan 2 cm, terus saya di suruh HSG tapi saya takut. Dok, bisa nggak saya punya anak, berhubung suami saya mau bertugas ke luar negeri. Adakah obat yang cepat menghilangkan kista? Terimakasih.

Dian (29 tahun), ipeh_21@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 cm, Berat Badan 50 kg


Jawaban

Dalam kasus ini cukup dilakukan evaluasi berkala melalui USG karena diameter kista Ibu masih di bawah 5 cm. Kemudian menentukan jenis kistanya, misalnya apakah kista dengan bagian padat, arus darah atau jenis kista coklat dan progresivitas kista apakah makin membesar atau tidak.

Tidak semua kista harus dioperasi karena persentase kista yang menjadi buruk atau maligna sangat kecil. Pemeriksaan pendukung yang sebaiknya dilakukan adalah pemeriksaan Tumor Marker melalui pemeriksaan darah.

Sebaiknya Ibu secara intens melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi yang jelas dan tata laksana selanjutnya.

Mengenai kemungkinan mengandung, tidak perlu terlalu cemas karena Ibu tetap dapat mengandung walaupun mengidap kista ovarium. Apalagi dilihat dari usia pernikahan yang kurang dari satu tahun, masih ada kesempatan besar untuk mengandung karena selain faktor Ibu, kondisi sperma juga perlu diperhitungkan.

dr.Dhely Lesthama.SpOG