Selasa, 13 November 2012

Haid Tidak Lancar, Apa Bisa Hamil?

Dok haid saya tidak teratur, sebelumnya saya pernah periksa, kata dokter Hiperplasia Endometrium. Saya dikasih obat lalu bisa Haid. Sekarang saya sudah tidak minum obat lagi, haid saya berhenti kembali tidak normal lagi. Yang mau saya tanyakan:
1. Apakah penyebab tidak lancarnya haid saya?
2. Apakah saya harus meminum obat terus untuk melancarkan haid saya? Berbahayakah penyakit saya?
3. Bisa hamilkah saya kelak?

Terima kasih atas penjelasannya.

Cinta Putria (Perempuan Lajang, 24 Tahun), restu_putrie@yahoo.com


Jawaban

Setiap perempuan memang memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda dan relatif. Namun di luar periode tersebut, normalnya menstruasi datang teratur setiap bulan.

Penyebab tidak lancarnya haid pada kasus ini kemungkinan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Pada prinsipnya, tidak selalu harus mengkonsumsi obat bila haid sudah datang.

Sementara kehamilan dapat saja terjadi selama kondisi rahim, saluran, sel telur dan spermanya baik.

dr.Dhely Lesthama.SpOG