Kamis, 29 November 2012

Kena Kencing Nanah, Harus Bagaimana?

Selamat sore dok. Kemarin saya habis check up di klinik. Saya menyampaikan keluhan tentang keputihan saya yang rasa-rasanya sudah tidak normal, kemudian saya di sarankan untuk melakukan tes sekret vagina.

Hasilnya:

batang gram positif -

coccus gram negatif +

coccus gram positif -

lekosit 0-1/Lpi

Epitel 2-5/Lpi

batang gram negatif ++++

dan di temukan bakteri diplococcus gram negatif menyerupai biji kopi ekstraseluler dan intraseluler. Menurut dokter tersebut saya terkena sipilis atau kencing nanah. Benarkah begitu dok? Lalu saya mesti bagaimana? Saya sudah hampir putus asa.

Eka (Perempuan Lajang, 24 tahun), ekaXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 160 cm, Berat Badan 42 kg

Jawaban

Berdasarkan hasil pemeriksaan sekret vagina yang dilakukan, kemungkinan besar mengalami infeksi menular seksual gonore atau kencing nanah. Jadi bukan sifilis atau penyakit raja singa.

Penyakit gonore, disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini sebenarnya merupakan penyakit menular seksual yang sering ditemukan. Penyakit ini terutama ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi sebelumnya. Sayangnya gonore pada perempuan seringkali tidak memberikan gejala klinis yang nyata. Akibatnya pasien perempuan kerapkali tak mendapatkan terapi yang memadai, sehingga berpotensi menularkan.

Mengapa mesti putus asa? Tentu cara yang paling bijaksana adalah berobat kepada seorang dokter kulit dan kelamin agar anda mendapatkan terapi yang tepat. Kadang diperlukan pula pemeriksaan biakan untuk mengetahui obat antibiotik yang paling ampuh.

dr. Susie Rendra, SpKK