Sabtu, 10 Oktober 2009

Kisah seorang perantau I

Well, akhirnya gue nulis blog juga untuk sekian lamanya tidak menulis. Sebenernya ada postingan yang lagi tengah-tengah gue tulis tapi gantung di tengah. Jadi ga gue terusin.. padahal cerita-cerita lucu tentang pengalaman pertama kalinya gue masuk kehidupan klinik alias modul FCP (Foundation of Clinical Practice). Ada si Ivan lagi periksa kesadaran terus dibatukin sama pasien koma, besoknya meriang; stetoskop Littman punya kakak gue yang lagi gue pinjem tiba-tiba dipinjem sama dokter bedah dan tiba-tiba ditempelin ke Scrotum (kantung zakar) pasien; pertama kalinya gue megang payudara wanita (ibu-ibu kok) hanya untuk meraba letak iktus kordis ketika Mini CEX sama Prof IPD, ketika gue dimarahin sama pasien Psikiatri dan mendengar cerita kuntilanak nyangkut di pohon dari Pasien lainnya dan hal-hal lucu lainnya.

Tapi niat hanya tinggal niat.

Sekarang saya menulis ini Jumat 9 Oktober pukul 23:21 waktu Newcastle upon Tyne, United Kingdom.

Gimana caranya bisa sampe sini? Jawabannya, Nekad!

Modal otak kurang (cuma satu, ga dikasih lebih), modal ilmu apalagi, cuma modal IP mepet syarat berangkat, IELTS pas-pasan 7.0, surat rekomendasi dari dr. Nani, motivation letter, CV, dan Babe Foundation yang mau ngasih sponsor kuliah sama biaya hidup (dia yang nyuruh-nyuruh berangkat malah). Sebenernya ada modal yang paling penting sih, modal tampang. *heks

Saya di sini untuk menempuh pendidikan yang sudah lumrah bagi kalangan mahasiswa kedokteran di UK. Yaitu "Intercalated Study" --satu tahun tambahan di bidang Biomedical Sciences (Ilmu biomedik) ketika telah menyelesaikan tahun ke-2 pendidikan Kedokteran (Medicine). Saya berangkat ga sendirian, tapi bareng temen sekelas di FKUI yaitu, Naila Izzati. Dia ambil Pharmacology, sedangkan gue Physiological Sciences.

Gelar yang saya dapat selama setahun adalah BSc Honours of Physiological Sciences. Karena ini intercalation programme, jadi gue ujug-ujug masuk ke tingkat akhir kelas Physiological Sciences. Jadi, gue kaga dapet dasar apa-apa (cuma modal dari FKUI) terus langsung masuk ke tingkat terakhir di sini yang pelajarannya advanced banget. Modar!

Hari pertama dateng:
"Wiiih.. seru nih.."

Hari kedua:
"Hmmm.. kayaknya kurang nih cuma setahun"

Hari ketiga:
"Kangen Jakarta juga ya"

Minggu kedua setelah dapet kuliah dan tugas:
"Mewek pengen pulang!"

....

Pelajaran yang gue pelajari di sini dalem banget. Gue baru ngerasa kalo Textbook yang selama ini gue pake (Sheerwood, dll) ternyata terlalu dangkal untuk ilmu gue yang gue pelajari sekarang. Untuk ngerjain tugas sekelas LTM aja, bahannya ga ada di buku, adanya di Jurnal Fisiologi terbaru.

Sekarang tinggal berdoa aja sama Tuhan dan berusaha semaksimal mungkin (kok malah nge-blog?).