Jumat, 16 Oktober 2009

Day 31 Geordie Accent

Hari ke 31 di Newcastle.

Baru kelar kuliah (jam 16.00). Keliatannya sih sore, tapi kalo ditotal cuma kuliah tiga jam. Masuk jam 10-11, masuk lagi jam 12 kelar jam 13, lanjut jam 15 sampe jam 16. Untungnya gue tinggal di Richardson Road. Itu bener-bener sebelahan sama Medical School (3-4 menit jalan orang melayu). Ada gap sejam langsung balik ke flat. Enak lah. Murah pula.

Di Newcastle gue tinggal di student accommodation dari kampus. Pertamanya gue apply di Victoria Hall dan Windsor Terrace, karena gue ngarah fasilitas en-suite alias kamar mandi dalem. Harganya emang relatif lebih mahal. Mungkin lebih mahal sekitar £1000an/tahun. Tapi ceritanya mau nyuci-nyuci di kamar mandi itu jadi hemat ongkos cuci juga. Udah gitu yang di Victoria Hall sebenernya jangka sewanya 42 weeks, sedangkan tempat gue sekarang cuma 38 weeks (tapi tetep lebih mahal juga!). Tanpa dinyana-nyana, akhirnya gue dapet di Richardson Road.

Di web pun udah dikasih tau kalo ini tempat emang biangnya party, jadi kalo suka ketenangan lebih baik jangan tinggal di sini. Udah gitu fasilitas tanpa kamar mandi dalam dan juga keran pun tak ada di kamar. Jadi gue share flat dengan 1 dapur, 1 toilet, 1 kamar mandi, communal lounge dengan 5 orang mahasiswa lokal (lokal di sini mksdnya bule-bule asli UK, 3 cewe dan 2 cowo).

Pertama kali gue dateng ke sini, gue masuk reception officenya ada satu babe-babe lagi ngomong sama receptionist-nya. Ngomongnya yang kedengeran di kuping gue: “kasjhgdfbaehfbaeuyhjfawejdashdkjahsd. . . . . . six o’clock”. Anjir, bahasa mana tuh? Yang bisa gue tangkep cuma “six o’clock”. Tapi si receptionistnya ngerti! Ternyata bukan gue aja yang ga ngerti omongan dia, mahasiswa internasional lain juga ga ngerti (internasional: asia-asia gtu) dan langsung saling pandang-pandangan gitu. Ternyata ada orang Amrik yang ditemuin Naila juga kesulitan dalam memahami apa yang orang sini omongin.

Ternyata Newcastle itu terkenal dengan “Geordie”. Dialek lokal yang sama orang Inggris sendiri aja suka jadi becandaan. Mungkin kalo di Indonesia udah jadi kayak Logat TEGAL! *sama-sama buat becandaan juga kan?* . Kebayang ga sih lo, ada bule baru bisa Bahasa Indonesia, langsung tinggal di TEGAL! Yup, itu kira-kira gambaran gue di sini. Haha.

http://www.youtube.com/watch?v=oSHHbfY6MVc

buat yang pengen denger seperti apa logatnya: (yg pake baju ijo yg ngomong Gerodie)