Senin, 12 Oktober 2009

Day 27 Kisah seorang perantau II

Hari 27 di Newcastle, UK.

Hehe.. kesannya sedih ya ngitungin hari. Maklum masih baru, kayak orang baru jadian aja, semua bulan diitungin, lamaan dikit yang diitunginnya taun, ntar pas udah kawin yang diitungin kelipatan 10-25-50 tahun..

Sedih sih mungkin iya, tapi ga terus-terusan untungnya. Bukan di pas mau tidur tapi justru ketika perjalanan pulang dari kampus ke flat (which is itu cuma 4 menit). Tapi efeknya bisa satu jam kebelakang.

Oke, gue bakal cerita garis besar tentang apa yang akan gue lakuin dan sedang gue lakuin saat ini.

gue di sini efektif selama dua semester. Semester satu mulai 28 September-11 December; Semester dua mulai 4 January-10 June 2010. Semester satu gue hanya menjalani Taught Programme, yaitu cuma ikut kuliah, ngerjain tugas, diskusi, presentasi, dan ujian. Semester dua gue akan melakukan Project Research, jadi akan berkutat di Lab selama satu semester untuk melakukan suatu penelitian. Lalu sekitar akhir May gue akan Ujian semua materi yang dipelajarin di semester satu, June results keluar dan July itu Graduation.

Mahasiswa di sini sebenernya ga seperti yang gue bayangkan, seperti yang digambarkan oleh seorang dokter anak senior yang sering membandingkan ke-aktif-an mahasiswa FKUI dengan murid-murid di luar negeri (ga tau luar negeri sebelah mana, Belanda mungkin). Dia bilang kalo di luar negeri mahasiswanya aktif-aktif, sering bertanya, dan kritis.

Tapi pas gue sampe sini, masuk kelas, dosennya bagiin absen, murid-muridnya ngobrol sendiri. Dosennya duduk, ngeliatin sampe diem, muridnya cuek. 5 menit lebih, akhirnya si dosen baru ngomong "Are you ready? can we start now?". Haha, ternyata lebih parah di sini. Penghormatan terhadap narasumber dan guru di FKUI emang lebih jempolan! 1-0 untuk FKUI.

Ada lagi yang kocak, ada Professor lagi nerangin materi tentang transport protein, ilmunya singkatan semua tulisannya, eh tiba-tiba murid paling depan masukin buku ke dalem tas, terus pergi gitu aja. Semuanya juga bengong sih liatnya. Hadeeeeh.. aya-aya wae dah murid-murid di sini.

Lagi, gue dapet kelompok untuk belajar tentang study topic tertentu. Gue dapet sama Asep dan Anwar (nama disamarkan, ada di facebook gue soalnya). Nah, berhubung masih anak baru, gue nanya dong sama sebelah gue, "Men, lu kenal Asep ga?" trus dia bilang "Sorry I don't know", "Kalo anwar?", Tanya gue. Dia jawab "Hmmm.. Sorry..". Ancuuuur kelas cuma 20an orang, dan udah dari tingkat sebelumnya bareng-bareng, bisa-bisanya kaga kenal. Ckckck..

Ini mungkin karena ga ada PSAU/F di sini yang ala bar-bar kali ya. Di sini Freshers' Week-nya Party mulu dan bikin konser musik. Hehehe.. emang beda kebudayaan deh.