Sabtu, 24 Januari 2009

Septikemia

Berita tentang meninggalnya model cantik asal Brazil yang juga finalis miss world 2008, Mariana Bridi da Costa 20 tahun menempati urutan atas pencarian google beberapa hari ini. Sebelum meninggal, Mariana sempat menjalani amputasi tangan dan kakinya yang mengalami nekrosis, guna menyelamatkan jiwanya. Awalnya didiagnosa sebagai infeksi saluran kencing/ada batu ginjal, sehingga hanya menjalani rawat jalan, dua hari kemudian kondisinya memburuk, serta mengalami septikemia dan akhirnya meninggal.

Apa sih septikemia itu ? Septikemia adalah suatu keadaan dimana terdapatnya multiplikasi bakteri dalam darah (bakteremia). Istilah lain yaitu Sepsis adalah istilah klinis yang dipakai untuk suatu bakterimia yang bergejala. Istilah lain untuk septikemia adalah Blood poisoning atau Bakteremia dengan sepsis.

Septikemia suatu kondisi infeksi serius yang mengancam jiwa, dan kondisi ini sangat cepat memburuk. Sumber infeksinya bisa berasal dari paru-paru, saluran kencing, tulang radang otak dll. Gejalanya dimulai dengan demam tinggi, menggigil, nafas cepat dan denyut jantung cepat. Penderita kelihatan sangat sakit.

Gejala selanjutnya berkembang menjadi syok, dengan penurunan suhu (hypothermia), penurunan tekanan darah, perubahan mental (bengong), dan gangguan bekuan darah sehingga timbul bercak perdarahan dikulit (petechiae dan ecchymosis). Bisa ditemukan penurunan jumlah urin.

Penderita biasanya di rawat di ICU, Infus guna menjaga cairan tubuh/tekanan darah, oksigen dan antibitika diberikan. Perlu diberikan produk darah untuk mengoreksi gangguan bekuan darah.

Angka kematiannya cukup tinggi, outcome tergantung organisme penyebab dan seberapa cepat mendapatkan perawatan RS. Kematian biasanya disebabkan septik syok atau ARDS (Adult Respiratory Distress Syndrome)