Minggu, 15 Juni 2008

Renungan Remedial

~Nilai kardio udah keluar, walaupun tulisannya di SIAK masih 'not published' tp bisa diduga-duga dari IRS dan melihat IP terakhir, karena kardio adalah satu-satunya modul dari semester 4 yang dah masuk nilainya, jadi bisa tau klo itu adalah IP dari nilai kardio.

Hasilnya? tidak jelek dan juga sangat tidak membanggakan. dapet B-.
tapi yang jadi catatan di sini, gw remed sebelumnya. tapi malah dapet B-. apakah ini adil? entah. Bagi gw ini sebuah strategi.

nilai B- gw ini sama dengan teuku haykul yang ber-IP 3,9an. beberapa temen gw yang ga remed dapet C+. apakah saya bangga? tidak.

dengan ada ujian remedial, kita bisa belajar lagi dan [semoga] jadi lebih ngerti. bagi sebagian orang itu cuma ungkapan usaha menyenangkan diri sendiri bagi orang yg kena remed.

persetan kata orang, tapi saya merasakan sendiri. gw dapet apa yang gw ga dapet selama kuliah ketika gw harus belajar untuk remed. selain karena emg sering kena her (hehe). gw tipe orang yang baru bisa kerja kalo di bawah tekanan. ketika ujian sumatif, gw santai karena masih ada remed. kalo remed gagal, gw ngulang taun depan. ngulang taun depan adalah suatu tekanan bagi gw. baru deh gw belajar keras.

pengalaman tingkat 1 lalu, gw 2 kali kena remed. tapi apa yg terjadi? IP gw >3,20. IP gw lebih baik dari sebagian temen-temen gw yang ga remed sama sekali. Meskipun masih banyak temen2 yg IPnya jauh menjulang. apakah saya bangga? tidak. karena dengan usaha sesantai ini saya ga pantes dapet IP segitu.

tapi, hal ini bisa juga bahaya jika di luar perhitungan. pada modul respirasi gw berada pada titik paling jenuh. gw jarang dateng kuliah, ujian belajar seadanya. dan gw sudah mengalokasikan liburan gw untuk belajar untuk remed. intinya gw siap HER! jadi selama modul respirasi adalah liburan bagi gw. dan gw ingin mengisi libur gw dengan belajar respirasi.

tapi apa yang terjadi? ketika pengumuman, gw dapet B! itu tandanya gw bisa liburan dan ga usah belajar buat remed. idealnya gw harus tetep belajar untuk
menganti 'liburan' gw kemaren. tapi sekali lg, tanpa tekanan sulit untuk bertindak. hasilnya, respi berhembus dan hanya singgah sebagian di otak gw. apakah saya bangga? tidak.

Sebagai penutup,
kita boleh melakukan kesalahan, tapi asal tahu di mana letak kesalahan itu dan berusaha untuk memperbaikinya.

dalam kasus gw, kelemahan gw adalah harus bekerja di bawah tekanan. solusinya, gw harus mencari tekanan baru yang bisa bener-bener ngebuat gw belajar serius. apa tekanan itu?

tekananya adalah,
"Saya harus menjadi dokter yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan atas semua tindakan yang saya lakukan terhadap pasien saya, baik pertanggungjawaban di dunia atau di akhirat. Saya belajar bukan untuk test, tetapi saya belajar untuk pasien saya"

semoga 'tekanan' ini membuat saya lebih giat dalam belajar. Amiin.