Jumat, 18 April 2008

Kesalahan Umum Tanda Vital dan RL 2007

Kesalahan yang umum dilakukan mahasiswa pada skilllab tanda vital dan Rumple Leed pada ujian yang terakhir sebenarnya tidak banyak, terutama bila dibandingkan dengan periode ujian sebelumnya dari materi ini.

yang sering terjadi adalah saat pemeriksaan tekanan darah, laporan yang diberikan kurang lengkap. bila kita hitung baik-baik pada chekclist, laporan yang harus diberikan setidaknya ada 4 : 1. laporan tekanan saat nadi brachialis tidak teraba lagi
2. laporan systolic palpatoir
3. laporan tekanan sytolic dan diastolic
4. laporan akhir tekanan darah ( sytolic/diastolic)

laporan tekanan systolic pada no.3 dan 4 diperoleh dari auskultasi dengan bel, bukan dari systolic palpatoir. pemeriksaan auskultasi dengan bel bukan membran.

Sytolic adalah bunyi yang pertama terdengar, diastolic adalah bunyi yang terakhir terdengar.

yang juga sering terjadi kesalahan pada pemeriksaan rumple leed adalah saat membuat daerah pengamatan. lingkaran ini harus dibuat, diukur dengan benar, sekian jari dari fossa cubiti, dengan diameter 5 cm menggunakan penggaris. pada prakteknya saat ujian bisa saja penguji mencegah agar kulit pasien tidak benar-benar dicoret, namun jangan berfikir bahwa lingkaran tidak perlu dibuat karena tokh nanti juga dicegah, jangan. harus terlihat ada niat sungguh untuk membuat daerah pengamatan, masalah nanti dicegah itu soal lain..

juga saat memeriksa daerah pengamatan harus benar-benar merunduk dan mendekatkan mata, bukan sekedat melihat sekilas, karena petechiae itu kecil, dan kalau tidak konsentrasi bisa terlewat, ini bukan berarti di tangan pasien ada peteciaenya, ini masalah niat, bukan masalah hasil.

yang lainnya sudah baik, pengalaman saya tidak ada yang kehabisan waktu, jauh lebih baik dari sebelumnya.

baiklah, selamat Ujian Her.