Selasa, 15 April 2008

Islamia Vol III No.3

Berada di sampingku sekarang Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam ISLAMIA Vol III No.3 atau edisi terbaru yang sampai ke tangan ku. kali ini mengangkat tema Wajah Universitas Islam : antara Islamisasi dan Sekularisasi-Liberalisasi. harganya cuma Rp 17.500,- murah sekali tidak sebanding dengan kualitas isinya.

Sebenarnya dari segi lay-out sederhana saja, pada rubrik surat pembaca diisi oleh antusiasme yang menyegarkan, menginsafkanku bahwa semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya tema yang diangkat oleh Islamia. Pembahasan edisi ini tidak terlalu berat dan sejujurnya ada bagian yang terkesan asal jadi saja. menarik pemaparan mengenai ISTAC sendiri yang menarik orang untuk melihat sendiri, dan miris juga membaca sejarah IAIN/UIN betapa besar perbedaan antara dulu saat pertama kali di gagas dan kenyataan saat ini. kalau kesesatan orang bijak disiarkan, tentu akan banyak orang awam yang mengikuti jejaknya...

tapi ada kutipan yang layak masuk koleksi yang tercantum dalam pengantar edisi ini yaitu berkenaan dengan sentralitas peran universitas pada masa lampau yang diabadikan dengan amat baik pada slogan yanr tertera di pintu gerbang universitas Granada :

" Dunia hanya terdiri dari empat unsur : pengetahuan orang bijak, keadilan penguasa, doa orang shaleh dan keberanian ksatria"

nah buat kita yang saat ini berada di dunia pendidikan perlu banyak introspeksi, mampukah kita menghasilkan seorang yang alim, saleh, adil dan mujahid??

pada epilog terdapat tulisan menarik yang berjudul Dualisme oleh Hamid Fahamy Zarkasyi yang akan saya coba rangkum pada atau tulis ulang apa adanya pada post berikutnya