Sabtu, 29 September 2012

Apa Risikonya Jika Spiral Menempel Pada Janin?

Dokter, saya sudah pakai spiral selama 2 tahun sejak anak pertama lahir. Saat ini saya dinyatakan hamil 6 minggu dengan spiral masih di dalam rahim dan tidak bisa diambil karena letaknya berdampingan dengan janinnya (terlihat pada saat USG).

Gejala hamil yang saya alami seperti biasa ibu-ibu hamil pada umumnya mual, pusing, muntah, dan lain-lain. Akhir-akhir ini, sekitar 2 mingguan lalu ada flek atau bercak darah yang keluar dok, warnanya kecoklatan dan tidak banyak tetapi keluar setiap hari, kadang-kadang disertai nyeri perut.

Yang menjadi pertanyaan saya dok, amankah kehamilan saya ini dengan letak spiral berdampingan dengan si bayi. Bagaimana dengan flek tersebut, bahayakah? Apakah spiral tersebut bisa mengganggu tumbuh kembang si janin nantinya? Saya tunggu sarannya dok. Terimakasih.

Anisa Amalia (Perempuan Menikah, 27 Tahun), anisa.amalia@gmail.com
Tinggi Badan 167 cm dan Berat Badan 64 kg


Jawaban

Kemungkinan terjadinya abortus adalah 50 persen bila Ibu hamil dengan adanya spiral. Spiral tersebut tidak akan mengganggu tumbuh kembang si janin. Sebesar 50 persen kehamilan bisa bertahan sampai waktunya.

Flek yang terjadi harus diwaspadai apalagi bila disertai mulas karena dapat merupakan gejala awal timbulnya kontraksi yang dapat berakibat abortus. Sebaiknya datangi dokter kandungan untuk pemeriksan lebih lanjut.

dr.Dhely Lesthama.SpOG