Rabu, 02 Mei 2012

Nyeri Dada Saat Tertawa, Kanker Paru atau Cuma Infeksi?

Saya punya penyakit paru-paru, sudah dirontgen tetapi hasil normal. Saya konsultasi ke dokter spesialis paru-paru gejala saya yaitu bersin, kalau tertawa kadang sakit dada saya, sering pusing, punggung nyeri, nyeri di dada, sekarang malah nyerinya terasa sampai ke punggung, batuk tapi batuk saya tidak sampai berdarah. Apa ini kanker paru-paru atau hanya infeksi?

Noviani (Wanita Lajang, 16 Tahun), nophiexxx@yahoo.com
Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 47 Kg

Jawaban:

Untuk mengetahui apakah terdapat tumor atau infeksi di paru paru, rontgen memang kurang akurat dan kurang jelas hasilnya dibandingkan dengan hasil CT scan. Namun gejala-gejala yang disebutkan menunjukkan indikasi ke infeksi paru-paru juga. Mohon diperiksakan segera untuk mencegah penyakit memburuk.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong