Senin, 24 Mei 2010

Peta Cinta - Mengukur Kekuatan Hubungan Cinta Anda


Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” [Q.S. ar-Ruum 30:21]

Sesungguhnya Tuhan sudah berfirman dengan jelas, diciptakan-Nya kasih sayang di antara suami-istri adalah untuk menjadikan istri dan suami sebagai tempat berteduh yang menentramkan jiwa keduanya.

Sehingga telah menjadi jelas pula, bukanlah Tuhan yang menghilangkan rasa kasih sayang di antara suami-istri seiring berjalannya waktu, melainkan diri kita sendiri yang sudah lupa dan menjauh dari semestinya untuk selalu menjaga dan memelihara anugerah agung yang telah diberikan Tuhan tersebut.

Sebagai suatu hal yang sangat mahal harganya dalam kehidupan di dunia ini, menumbuhkan kembali ataupun memelihara kasih sayang dan cinta kasih di antara suami-istri adalah sebuah usaha yang penuh perjuangan dan keikhlasan.

John M. Gottman, Ph.D. dalam sebuah buku best seller-nya yang berjudul "The Seven Principles for Making Marriage Work", telah membuat sebuah kuesioner sebagai alat pengukur “Peta Cinta” yang sekaligus dapat anda jadikan sebagai panduan dalam meningkatkan “sense of quality” hubungan cinta anda.


KUESIONER PETA CINTA

Kuesioner ini tidak akan bisa memberikan gambaran yang jelas tentang “sense of quality” dari peta cinta anda saat ini seandainya anda sendiri tidak memberikan jawaban objektifitas yang sejujur-jujurnya. Bacalah setiap item dengan seksama dan upayakan sejujur mungkin untuk menjawabnya dengan melingkari “B” bila benar atau “T” bila tidak benar.

  1. Saya dapat menyebutkan nama-nama sahabat baik pasangan saya. B T
  2. Saya tahu masalah apa yang sedang dihadapi oleh pasangan saya. B T
  3. Saya tahu nama-nama orang yang telah menjengkelkan pasangan saya akhir-akhir ini. B T
  4. Saya dapat memberitahu beberapa impian hidup yang diidam-idamkan pasangan saya. B T
  5. Saya sangat akrab atau punya banyak kesamaan dengan keyakinan relijius dan ide-ide pasangan saya. B T
  6. Saya tahu filosofi hidup yang dianut pasangan saya. B T
  7. Saya dapat menyebutkan sedikitnya kerabat-kerabat pasangan saya yang ia sukai. B T
  8. Saya tahu musik atau lagu favorit pasangan saya. B T
  9. Saya dapat menyebutkan tiga film apa yang menjadi favorit pasangan saya. B T
  10. Pasangan saya memahami betul dengan masalah yang sedang saya hadapi. B T
  11. Saya tahu tiga momen waktu paling spesial dalam kehidupan pasangan saya. B T
  12. Saya tahu masalah yang paling berat yang pernah terjadi pada pasangan saya saat ia masih anak-anak. B T
  13. Saya tahu apa yang menjadi cita-cita terbesar yang diimpikan pasangan saya dan harapan-harapannya dalam kehidupan. B T
  14. Saya tahu apa yang paling dikhawatirkan saat ini oleh pasangan saya. B T
  15. Pasangan saya tahu siapa teman-teman saya. B T
  16. Saya tahu apa yang ingin dilakukan pasangan saya seandainya ia tiba-tiba memenangkan sebuah hadiah undian. T F
  17. Saya tahu secara rinci apa dan bagaimana kesan pertama saya tentang pasangan saya. B T
  18. Secara periodik saya menanyakan tentang perkembangan hidupnya sekarang ini. B T
  19. Saya merasa bahwa pasangan saya sangat mengetahui seluk beluk diri saya dengan baik. B T
  20. Pasangan saya akrab atau sejalan dengan apa yang menjadi harapan dan cita-cita saya. B T


SKOR

Setiap item dengan jawaban “B” mendapat nilai 1 (satu) poin.

Nilai 10 atau lebih:

Skor ini menunjukkan bahwa peta cinta anda dalam area yang kuat akan “sense of quality”. Anda berarti telah cukup bisa untuk memetakan secara rinci kehidupan sehari-hari dari pasangan anda, harapan-harapannya, kekhawatirannya, serta impian-impiannya. Saling memahami, berinteraksi dan bekerja sama sebagai “partner” satu sama lain adalah kunci hubungan cinta yang hangat dan langgeng.

Nilai Kurang Dari 10:

Skor yang anda dapatkan di area ini bukan berarti hubungan cinta atau hubungan suami istri anda mengalami kegagalan, tetapi semuanya didasarkan karena mungkin anda tidak pernah untuk meluangkan waktu saling mengenal (sharing), saling memahami atau saling mendampingi satu sama lain. Atau bisa juga kondisi romantisme cinta anda dulu tidak diperbarui lagi sehingga sudah “kadaluarsa” dengan kondisi yang sedang dihadapi sekarang. Dengan meluangkan waktu untuk bercengkerama saling berbagi, saling memahami dan bekerja sama sebagai “partner” akan lebih meningkatkan kualitas dan kekuatan hubungan cinta anda dengan pasangan anda.


TIPS UNTUK ANDA

Tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya bagi untuk meluangkan waktu membangun kembali “masa pacaran” anda dengan menanyakannya kepada pasangan anda kemudian membahasnya bersama-sama tentang hal-hal kecil yang sudah lama anda lupakan.

Misalnya tanyakanlah beberapa hal kecil kepada pasangan anda:

  • Apa warna kesukaannya? warna kesukaannya dapat anda jadikan patokan untuk menumbuhkan persepsi bahwa anda menghargainya dan memperhatikannya. Contohnya, anda mengecat rumah dengan warna tersebut, atau bahkan warna baju dan seprei kasur anda pun berwarna kesukaannya.
  • Lagu apa yang menjadi favoritnya? Anda seringkali tidak sadar terkadang lirik dari lagu tersebut mencerminkan filsafat hidupnya, cita-cita dan harapan-harapannya, ataupun kenangan manisnya di masa lalu.
  • Kenangan lucu apa yang sangat diingatnya di masa lalu?
  • Maukah bila ia diajak berkencan berdua atau menonton di rumah film-film jadul yang punya kenangan spesial bagi anda berdua?

Dan masih banyak hal-hal “kecil” yang anda lupakan yang sebenarnya punya dampak yang luar biasa dalam menumbuhkan kembali kekuatan dalam hubungan cinta anda.

Photo courtesy: "Love" by Exulto Fotografie.