Minggu, 06 Juli 2008

Kranji-01: capek

Minggu, 6 Juli 2008
HARI ini ada job TBM sirkumsisi massal di derah Kranji, daerah yang gw baru tau kalo ternyata ada di daerah bekasi sono! Sumpah, kalo gw hari ini ga ada job di sana, mungkin gw ga tau kalo ada daerah yang namanya Kranji di Jabotabek. Sebenernya hari ini anaknya Mas Pi'i (orang yang selalu setia nyetirin mobil dari jaman gw SD) mau disunat juga. Berhubung Operatornya Harman dan ternyata kakak2 gw mau jadi ko-operator-nya jadi gw bisa ke Kranji nemenin temen2 gw.

Sebelumnya gw ngeset alarm buat bangun jam 6 pagi. Terlihat tulisan dari HP "time left until alarm: 2 hours 56 minutes". Lumayanlah cukup buat nyegerin badan, setelah dari malem sampe pagi berusaha memecahkan 'misteri webcam di yahoo mac' sama shila.

Menurut jarkom, kumpul di TBM jam 6.30. Yang ada gw baru bangun dari kasur jam 9 atau jam 10an. Makan Rawon, nyariin bawang goreng tapi ternyata abis. Lanjut mandi dan segera berangkat ke Kranji setelah nanya-nanya arah ke Fadhil. Berangkatnya salah keluar pintu tol! rugi 6000 perak. tapi yasudahlah. Itu blom seberapa dari pengalaman pulangnya.

Dateng, cari makan. Pas makan, baru inget kalo baruuu aja makan, tapi lanjuut aja makan! Abis makan, cari orang yang lagi butuh asisten buat nyunat. Mau pemanasan dulu sebelum jadi operator. Gw ajak aja si Iwan buat nyirkum. Pasien Iwan cukup kooperatif, tapi terakhirnya ngeselin. Gw lagi masang jarum di needle holder, trus tiba-tiba tuh anak nepok tangan gw! nyucuk deh tuh jarum ke ujung jari gw! Tapi kayanya ga sampe masuk sih. Setelah sukses melototin anak setelah nepok tangan gw, gw beresin deh titit nih anak. Abis itu lanjut jadi Op ditemani Jessica Fiolin sebagai Ko-Op gw. Pasien dateng, umur udah 11 tahun, tapi belom naik kasur udah nangis. Persaan dah ga enak aja.

Setelah menginjeksi Lidocaine di pangkal penis, lanjut ke bagian bawah. Trus ngebersihin titit dari smegma dan lanjut dorsumsisi di arah jam 12 penis. Setelah kulit dan mukosa penis di arah jam 12 kebuka, mulai deh potong2 melingkar (sirkumsisi) dan siap2 nangangin perdarahan yang ada. Pas dah selesai, di arah jam 5 penis ada hematoma mayan gede. Dicoba aspirasi pake spuit 3cc, ga berhasil! Ternyata darahnya dah mulai beku. Trus setelah ini manggil dokter yang bertugas, karena ini dah diluar kompetensi gw. 50 menit lewat untuk satu pasien. Fiuuhhh! cape bener! punggung dah pegel banget!

Pasien ini selesai, capek! Ga mau nambah lagi, mending cuci-cuci alat. Setelah semua rangkaian acara selesai, pulang gw ke rumah. Di sini baru kita mulai cerita sesunguhnya.. *eng..ing eeeeeenggggggggg* (lanjut ke Kranji-02 yah)