Selasa, 30 Oktober 2007

Bell's Palsy

tadi malam datang pasien perempuan 28 tahun dengan keluhan wajah terasa tertarik ke sebelah kanan sejak 3 hari. tanda vital dalam batas normal, pada pemeriksaan lokalis terlihat adanya asimetri ketika os diminta untuk tersenyum,menutup kelopak mata dan mengerutkan dahi.

tidak mampunya pasien mengerutkan dahi menandakan masalah ada di perifer dan bukan sentral, karena bagian dahi memiliki dua persarafan dari kiri dan kanan. bila masalah di sentral maka bagian dahi masih tetap bisa dikerutkan. ini adalah kekhasan dari properti N. fasialis.

os tidak merasa demam,pusing, tidak ada riwayat trauma wajah,tidak ada vesikel herpes zooster, kecuali bicara yang menjadi kaku, maka diagnosis sementara adalah paralisis nervis fasialis kiri perifer atau bell's palsy. bell's palsy adalah mononeuropati paling umum yang dapat terjadi dengan penyebab yang tidak jelas, biasa akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 minggu.

pengobatan dengan kortikosteroid prednisolon dan acyclovir dapat membantu. pasien ini diberikan dexametason 2x1,asam mefenamat 2x1 dan vitamin neurotropik 1x1, os diminta kembali dalam 1 minggu untuk evaluasi paralisis menggunakan House-brackmann grading scale

ini pasien bell's palsy pertamaku dan pertama kalinya melihat dalam bentuk yang klasik.