Kamis, 25 Oktober 2007

Alergi Susu Sapi

Ternyata Caca alergi susu sapi, demikian menurut dokter F dari rumah sakit Thamrin. sejak usia 4 bulan memang Caca telah di beri susu formula, jadi setelah kontak lebih dari 2 bulan barulah timbul reaksi alergi berupa dermatitis atopik ( eczema). khasnya adalah timbulnya makula eritema multipel pada kedua piipi.

Jadi sekarang Caca menggunakan susu formula berbasis kedelai ( soya) dan buburnya bubur bayi biasa bukan bubur susu. menariknya di Alfamart dan Indomart, beberapa merek bubur bayi yang ternyata masih mengandung produk susu, yaitu skim milk powder, hanya satu sejauh ini yang diketemukan tidak mencantumkan yaitu produk dari Nestle, meski disebutkan ada kemungkinan mengandung sedikit protein susu dan atau gluten.

Alergi susu sapi berbeda dengan laktosa intolerance yang merupakan reaksi hipersensitivitas non alergik. 85-90 % anak kehilangan alerginya setelah usia 3 tahun, namun 13-20% cross alergi dengan daging sapi.

obat yang diberikan pada Caca adalah puyer yang terdiri dari CTM, kenacort, isoprinosin dan sach lact serta obat tetes Cetirizin drops

erithema yang timbul hilang satu hari setelah pemberian obat.Alhamdulillah