Selasa, 02 Juli 2013

Urine Bercampur Darah Disertai Rasa Sakit Perut dan Vagina Terbakar

Dok, saya ingin bertanya, beberapa hari ini saya sering anyang-anyangan. Lalu suatu hari saat buang air kecil, urine saya bercampur dengan darah. Hal ini terjadi sebanyak 3 kali.

Rasanya perut saya sakit dan vagina saya terbakar. Setelah itu tidak ada lagi darah dalam urine saya, hanya sakit perut dan rasa terbakar di alat vital saya. Apakah yang saya alami ini berbahaya? Bagaimana solusinya? Mohon bantuannya. Terimakasih.

Alia (Wanita lajang, 19 tahun)
kuasaiduni@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 44 kg

Jawaban

Salam Alia,

Dari cerita yang disampaikan, kemungkinan Alia mengalami infeksi saluran kemih. Gejala infeksi saluran kemih yang memang lebih sering terjadi pada wanita adalah rasa ingin buang air kecil terus menerus dan sering disertai rasa mendesak. Kondisi ini dapat diperparah dengan keluarnya darah. Untuk mengetahui apakah masih ada darah samar dan infeksi, Alia dapat memeriksakan urinenya ke laboratorium terdekat. Perlu diketahui saluran urine tidak sama dengan vagina sehingga jika vagina juga terasa sakit sebaiknya diperiksakan. Jika dari hasil pemeriksaan urine didapatkan darah atau bakteri, Alia dapat mengkonsulkan keluhannya ke dokter spesialis urologi sehingga dapat diketahui lebih jelas, kelainan pada saluran kencingnya

dr. Eddy Karta, SpKK