Minggu, 13 November 2005

SETELAH OPERASI
1. Jika anestesinya / pembiusannya adalah (bius) umum (dengan intubasi - memakai alat yang dimasukkan ke dalam mulut). Setelah sadar kadang-kadang timbul rasa gatal di tenggorokan, seperti mau batuk bahkan sering menjadi batuk betulan dan suara menjadi serak sedikit ... tidak perlu panik lama-lama keluhan tersebut akan menghilang sendiri kalaupun tidak menghilang, dokter akan memberikan obat. Setelah sadar dari operasi biasanya di coba minum sedikit-sedikit, jika pasien tidak kembung dilanjutkan makan / diet bertahap - lunak-tim dan diet biasa/nasi. Sering 'buang angin' juga menjadi indikasi bahwa usus kita sudah berfungsi kembali.
2. Jika anestesinya dengan spinal, bius separuh istilahnya (seperti bius yang dilakukan pada operasi sesar / kelahiran bayi). Dokter yang membius menyuntikkan sesuatu di tulang belakang kita kemudian lama-lama kaki terasa baal, lumpuh tidak bisa diangkat.
Setelah operasi kita tidak boleh bangun dari tempat tidur selama 24 jam. Harus bed rest !!! Mutlak ! Untuk keperluan BAK dan BAB cukup di tempat tidur. Sering kali BAK akan menjadi sulit sehingga perlu pemasangan selang / kateter yang dimasukkan ke kemaluan supaya bisa BAK.
Pilihan jenis anestesi apa yang dipergunakan, yang menentukan bukan pasien tapi dokter bedah dan dokter anestesinya. Ada beberapa kasus yang dapat melibatkan pasien juga untuk menentukan.
3. Untuk operasi-operasi tertentu setelah operasi kita harus puasa selama 3-4 hari misalnya pada operasi sambung usus .... Dokter akan mengganti kebutuhan nutrisi lewat infus. Semua infus makanan tersebut jumlah tetesannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga pas buat tubuh kita. Jadi jangan sesekali mengatur-ngatur kecepatan infus, karena tetesan itu sudah diukur sama dokter dan perawat jadi bukan asal menetes aja.
Ada anggapan tetesannya semakin banyak maka semakin cepet sembuh .... ini anggapan yang jelas-jelas keliru .....
4. Untuk penunggu pasien, perhatikan botol infus ; kalau sudah tinggal sedikit cairan didalamnya segera melapor keperawat ... Apalagi untuk pasien-pasien kasus tertentu misalnya operasi prostat, ada botol infus yang dialirkan ke kandung kencing yang fungsinya untuk membilas kandung kencing agar sisa bekuan darah tidak sampai menjendal dan membuat buntu lubang kencing. Jadi bilasan air dengan tetesan super cepat dari botol infus itu harus sesering mungkin diganti. Nah disini peran penunggu pasien amat besar .... harus tiap jam memperhatikan botol infus. Hal ini hanya untuk pasien setelah operasi PROSTAT ... operasi lainnya sih tidak begitu ketat seperti ini.
Yang pasti ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter dan perawat dengan P A T U H