Problem Based Learning atau PBL telah menjadi mainstream metode pendidikan kedokteran di Indonesia, terdapat variasi penerapan di masing-masing universitas. Salah satunya yang diterapkan di Universitas Yarsi adalah metode “7 Jumps”.
Metode 7 Jumps, terdiri dari 7 langkah dalam 2 sesi tutorial. Tutorial sendiri adalah kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa,student centered. Seorang tutor membimbing mahasiswa dalam kegiatan tutorial selama 120 menit dengan menggunakan skenario belajar.
Sesi pertama tutorial mencakup 5 langkah pertama sebagai berikut :
· Mencari istilah yang belum dipahami dalam skenario
· Mencari arti istilah diatas dalam kamus
· Membuat pertanyaan dari masalah yang ada dalam skenario
· Menjawab pertanyaan diatas menggunakan prior knowledge
· Menetukan sasaran belajar mandiri
Langkah berikutnya mahasiswa belajar mandiri diluar jam perkuliahan dan membuat rangkuman hasil belajar sesuai sasaran yang disepakati
Sesi kedua tutorial adalah langkah ketujuh dan terakhir, yaitu sintesis dan pengujian hasil belajar berdasarkan referensi yang didapat selama belajar mandiri serta membuat laporan.